Tips Mengabadikan “Blue Hour”

smugmug.thefella-static

Sumber: smugmug.thefella-static

Keindahan langit merupakan bagian dari komposisi dalam sebuah foto sebuah pemandangan yang kita abadikan saat berkunjung ke suatu tempat. Warna-warni langit bisa menjadikan foto yang “ditangkap” tampak begitu dramatis dengan saat-saat yang disebut blue hour. Namun mengabadikan sebuah momen saat blue hour membutuhkan sebuah persiapan agar foto terlihat menakjubkan.

Yuk, simak tips persiapan untuk mengabadikan momen saat blue hour:

Kenali lokasi

Momen bisa Anda ciptakan sendiri dengan memilih spot yang pas. Anda bisa memilih cityspace seperti bangunan pencakar langit atau jembatan.

Gunakan tripod

Tripod wajib Anda gunakan untuk menghindari getaran saat melakukan foto.

Atur Apperture

Anda bisa menggunakan settingan mulai dari f/8 sampai f/16 untuk mendapatkan ruang tajam yang luas serta menciptakan effect pada sumber cahaya. Efek yang akan Anda dapatkan hasilnya belum tentu sama, tergantung dari lensa yang Anda gunakan.

Atur exposure dan ISO

Sebaiknya menggunakan ISO rendah untuk mengurangi noise pada hasil foto. Anda bisa menggunakan ISO pada angka 100 walaupun akan mengharuskan Anda menggunakan exposure lebih lama.

Atur exposure compentation

Jika Anda tidak menggunakanmode manual, atur exposure compentation pada range -1 sampai -2 untuk mendapatkan range yang diinginkan.

Atur metering

Anda bisa menggunakan metering weight agar exposure merata di semua bagian, namun ini tidak berlaku saat menggunakan metode manual.

Panorama blue hour akan lebih menarik jika awan terlihat bersih dan cerah serta tidak banyak awan. Selamat mencoba.

Dapatkan tips wisata menarik di portal yukpegi

Dibaca 757 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *