Tips Agar Sukses Bisnis Trip Organizer

Semakin banyak orang yang hobi jalan-jalan karena padatnya kesibukan yang membuat penat. Tapi seringkali di antara mereka kesulitan merencanakan perjalanan, karena biasanya tempat yang dituju belum dikenali.

Peluang investasi seperti inilah yang dilirik sejumlah pebisnis kreatif melahirkan konsep bisnis trip organizer. Salah satu yang telah menjajal bisnis seperti ini adalah Alvan Prihandijaya yang mendirikan bisnis 100%Traveler.

Alvan menjajal bisnis ini berawal dari hobinya yang suka jalan-jalan sejak kecil. Kesuksesan bisnisnya terletak pada konsepnya yakni low budget traveling serta rajin promosi baik di media sosial, maupun mulut ke mulut.

Tertarik sukses seperti Alvan? Yuk simak tips sukses bisnis trip organizer berikut ini :

Tahu Lokasi

Tentu saja kamu harus tahu bahkan paham lokasi yang dituju agar peserta trip benar-benar menikmati trip. Jangan sampai peserta trip tersesat karena kamu tidak kenal lokasi. Jadi, jika kamu merancang trip ke suatu wilayah, pastikan kamu mengenal dan mengetahui lokasi tersebut. Bukan hanya sekedar tempat tapi seluk beluk yang ada di lokasi tersebut. Kamu pun dapat memberikan pengarahan yang tepat soal transportasi dan arah yang akan dijalani peserta trip.

Jalankan sepenuh hati

Jangan pernah melakukan hal setengah-setengah. Jalankan bisnis trip organizer ini dengan keyakinan dan niat yang tulus. Jika kamu setengah-setengah, bisnis trip organizer kamu tidak akan menuai sukses. Justru jika niat berbisnis kamu tulus, trip yang dijalani akan menjadi trip yang tak terlupakan untuk peserta.

Ramah dan komunikatif

Layani setiap calon peserta dengan ramah dan berikan jawaban yang jelas. Aktiflah berkomunikasi lewat berbagai media seperti membuat grup trip di whatsapp, blackberry, facebook. Undang peserta maupun calon peserta ke dalam grup tersebut. Berikan informasi apapun menyangkut trip yang akan dijalani.

Buat mereka yang berada dalam grup tersebut nyaman dan jadikan grup tersebut media bagi mereka mengenal peserta yang lain. Ini penting karena jika sudah saling mengenal, saat bertatap muka tak ada rasa canggung lagi.

bisnis trip organizer, tips sukses, trip organizer, investasi, kebebasan finansial

Kelola tim dengan baik

Jangan pernah menganggap orang yang bekerja dalam trip organizer kamu hanya karyawan. Jadikan mereka partner, dan tim yang solid. Memang tidak mudah, karena kamu harus mencari tim yang memiliki jiwa petualang dan sosial yang tinggi. Jika sudah bertemu dengan kriteria tim tersebut, kelola dengan tepat. Tapi untuk jumlah tim harus fleksibel, sesuaikan dengan jumlah peserta, minimal 3.

Perkuat jaringan

Walaupun bisnis ini terkesan mudah murah tapi bukan berarti kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan asal-asalan. Dalam menjalankan bisnis ini, bukan hanya perlu wawasan soal lokasi, tapi jaringan.

Maksudnya adalah, gunakan waktu saat jalan-jalan untuk memperluas jaringan. Seperti Glen, seorang traveller dan travel blogger. Sebelum menjalankan bisnisnya, selama setahun dia mengorganisasi teman-temannya sendiri untuk wisata ke luar negeri. Di awal dia tak mencari untung, yang penting pertemanan. Dari pertemanan tersebut, dia mendapatkan jaringan bakal calon klien selanjutnya.

Bukan hanya dari pertemanan tapi juga kamu harus membuka jaringan dengan maskapai penerbangan. Tujuannya jelas agar kamu mendapatkan layanan khusus saat mengajukan pembelian tiket.

Peralatan dan service

Untuk peralatan tak perlu mewah. Minimal PC, atau laptop untuk mempromosikan bisnis trip organizer kamu, membuat rencana trip, mengupdate info penting soal lokasi, dll. Selain itu, untuk peralatan dokumentasi sediakan kamera baik pocket atau SLR, kamera underwater, dan handycam.

Berikan service yang memuaskan, antar peserta dari saat berkumpul sampai kembali lagi adalah salah satu service yang wajib. Tidak cukup hanya itu, kamu harus membuat trip tersebut berkesan dan tak terlupakan peserta trip. Berbaurlah dengan peserta, ajak mereka mengobrol, dan selalu ikut serta dalam kegiatan trip misalnya saat snorkeling kamu ikut snorkeling.

bisnis trip organizer, tips sukses, trip organizer, investasi, kebebasan finansial

Promosi

Jika kamu ingin trip organizer kamu sukses dan dikenal banyak orang, serta mendatangkan kebebasan finansial di masa depan. Promosi adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Buat sebuah web, blog yang memuat informasi bisnis trip organizer kamu. Isi blog atau website kamu bukan hanya promo trip tetapi tempat wisata, tips berwisata dan tentunya kisah setiap perjalanan. Catat nama perserta yang ikut trip, agar mereka merasa ini kisah mereka, ini perjalanan mereka.

Dibaca 666 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *