Selalu Senyum, Salam dan Sapa Saat Berwisata!

Sebagai seorang turis yang berkunjung ke sebuah daerah wisata, tidak jarang kalau kita mengharap akan mendapat perlakuan yang sifatnya mengakomodasi dari penduduk yang hidup di daerah tersebut. Di kasus-kasus ekstrem, bahkan ada turis yang malah bersikap melecehkan dan tidak menghormati penduduk lokal. Padahal sebagai wisatawan, penting sekali untuk terus bertegur sapa, salam dan senyum dengan penduduk sekitar.

Sumber Informasi Tidak Resmi

Penduduk lokal bisa menjadi sumber informasi anda ketika anda berwisata. Tak jarang orang-orang yang benar-benar asli hidup di daerah wisata yang anda tuju tahu lebih banyak soal wisata, ketimbang guide book ratusan ribu yang anda beli. Mereka biasanya lebih tahu dimana tempat makan murah dan halal, penginapan yang oke dan jalan pintas. Sebagai turis, ini adalah benefit yang sangat tak ternilai!

Baca Juga:Ibadah dan Wisata Belanja di Arab Saudi

Tersesat? Tenang!

Jika anda pribadi yang menyenangkan saat berwisata, saat anda membutuhkan bantuan pun penduduk sekitar tidak akan sega-segan membantu anda. Seorang turis yang tersesat dan tak fasih bahasa lokal pun akan mereka tolong kalau memungkinkan.

turisberkelana2

Mempelajari Budaya Setempat

Dari sebuah sapaan, besar kemungkinan akan berujung dengan percakapan panjang lebar. Dalam perbincangan ini, sempatkan untuk bertanya seputar kebudayaan dan kebiasaan yang ada di daerah yang anda kunjungi. Jadi perjalanan anda jadi lebih berarti karena anda tidak hanya foto-foto lalu ngeloyor pergi. Dengan cara ini, anda bisa mendapat banyak pengetahuan menarik seputar daerah yang anda kunjungi.

Mendapat Teman Baru

Besar kemungkinan dari percakapan ini, anda akan mendapat teman baru. Jika memungkinkan, pertahankan kontak karena siapa tahu anda bisa bersua dengan mereka lagi. Inilah yang membuat perjalanan seorang turis menjadi lebih berarti dan seru: Teman baru yang ditemui di tengah perjalanan.

It’s Common Sense

Anda berkunjung ke negeri orang maka sudah sewajarnya anda menghormati orang-orang yang menjadi tuan rumah anda. Karena secara tidak langsung sesorang akan melihat budaya sebuah negara dari turis yang mengunjungi negara mereka. Jadi jagalah nama baik negara anda sendiri dengan cara menjaga sopan santun dan beramah tamah dengan penduduk di daerah yang anda kunjungi.

Dibaca 373 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *