Ingin Keliling Dunia? Kenali Dulu Kebiasaan Unik Ini!

Dunia ini sangat luas dipenuhi dnegan berbagai macam manusia dengan karakteristiknya masing-masing. Hal ini pun kemudian berimbas pada beragamnya kebiasaan dan adat istiadat yang ada di berbagai belahan dunia. Tak jarang perbedaan ini bisa menimbulkan kejadian lucu atau jenaka kala seseorang salah memahaminya. Tapi, tak jarang juga berakhir dengan salah satu atau kedua belah pihak tersinggung karena merasa tidak dihormati.

Nah, ada baiknya anda mempelajari kebiasaan serta adat istiadat dari sebuah negara sebelum melakukan kunjungan. Berikut ini ada rangkuman kebiasaan dan adat istiadat dari beberapa negara yang bisa anda jadikan acuan, kalau-kalau anda ingin mengunjungi negara tersebut!

Perhatikan Penggunaan Sumpit Anda

Jepang terkenal dengan orang-orangnya yang memandang sopan santun adalah segalanya. Jadi, pastikan anda berkelakuan sebaik-baiknya di negara ini. Selain itu, perhatikan tata cara makan anda. Jepang adalah salah satu negara dengan tata karma meja makan paling terumit. Namun anda bisa ambil jalan pintas dengan cara memperhatikan bagaimana anda menggunakan sumpit anda. Jangan menunjuk, memainkan, atau menusuk makanan dengan sumpit anda karena hal ini dipandang sangatlah tidak sopan. Gunakan juga sandaran sumpit ketika anda tidak menggunakannya. Jangan menaruhnya tegak lurus di dalam mangkuk berisi nasi, karena hal ini seperti hal yang biasa dilakukan di upacara pemakaman.

Hati-hati Dalam Memberikan Hadiah

Ingin memberi cinderamata untuk orang yang akan anda kunjungi di Cina? Pastikan anda menghindari jam, saputangan, sandal jerami, dan bunga. Benda-benda ini erat asosiasinya dengan kematian dan pemakaman di Cina dan bisa membuat anda kehilangan teman serta dipandang kasar atau tak sopan. Hal yang hamper serupa juga berlaku di Russia. Tapi alih-alih beberapa jenis barang sekaligus, anda harus benar-benar memperhatikan warna dan jenis bunga apa yang akan anda berikan. Sedikit tips: hindari bunga berwarna kuning karena ini memiliki arti putus hubungan. Coret juga anyelir merah dari daftar anda. Bunga ini umumnya ditaruh di makam atau diberikan kepada veteran perang yang masih hidup.

Hindari Tinta Merah

Ingin menulis sesuatu saat di Korea Selatan? Kartu ucapan mungkin? Kalau iya, maka anda wajib menghindari menggunakan warna merah pada tulisan anda. Tradisionalnya, tinta merah digunakan untuk membuat daftar nama mereka yang sudah meninggal. Kini, penggunaan tinta merah dipandang sebagai pertanda buruk atau membawa sial.

Baca Juga:Jenis Uang Apa Saja yang Dibawa Saat Travelling

Perhatikan Waktu

Khususnya di Amerika Selatan, anda sangat dianjurkan untuk datang terlambat paling tidak 15 sampai dengan 30 menit setelah acara dimulai jika anda diundang makan di tempat seseorang. Anda akan dipandang terlalu antusias atau bahkan rakus jika anda datang terlalu cepat atau bahkan tepat waktu. Namun, jika acara yang akan hadiri adalah acara bisnis atau resmi, sangat dianjurkan bagi anda untuk datang tepat waktu.

Makanlah Hidangan sebagaimana yang Tersaji di Depan Anda

Jangan pernah meminta garam jika anda kebetulan sedang makan di restoran di Mesir. Hal ini dianggap sangat tidak sopan karena berarti anda menghina sang koki, karena secara tidak langsung mengatakan bahwa makanan yang dihidangkan tidak enak. Berlaku juga di Jepang. Saat anda makan sushi, dimanapun itu, jangan pernah meminta tambahan wasabi ataupun kecap asin pada sang sushi shokunin.

Semoga rangkuman kebiasaan dan adat istiadat ini bermanfaat bagi anda. Kalau anda kesulitan mengingatnya, cukup diingat bahwa sopan santu standar pun masih berlaku di negara-negara ini. Dan jika anda bersikap sopan pada orang-orang yang anda temui, mereka pun tak akan segan membantu anda untuk menyesuaikan diri. Sela,at berwisata!

Dibaca 452 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *