Berburu Kuliner Oleh-oleh Khas Semarang

Semarang memiliki lanskap berupa dataran tinggi dan dataran rendah yang berada di JawaTengah sekaligus menjadi ibukota provinsi. layaknya Kota besar lainnya di Indonesia, Semarang juga memiliki penduduk yang heterogen yang terdiri dari beragam etnis seperti Jawa, Cina, dan Arab. Jika bekunjung ke Semarang kita dapat melihat banyak bangunan tua yang menghiasi penjuru kota.

Semarang memiliki beberapa makanan khas yang wajib “diburu” untuk oleh-oleh Anda apabila mengunjungi kota ini.

Bandeng Presto

wisatahandal-Berburu Kuliner Oleh-oleh Khas Semarang-4

Bandeng Presto berbahan dasar ikan bandeng yang dimasak dalam panci khusus dengan uap bersuhu panas tinggi sehingga daging dan duri dalam ikan bandeng tersebut menjadi lunak dan lezat. Oleh-oleh bandeng presto ini dapat Anda temui di sentra penjualan bandeng presto yang banyak tersebar di kota Semarang yaitu di sepanjang Jalan Panandaran. Toko di jalan Panandaran yang terkenal dan banyak dikunjungi adalah toko bandeng presto Juwana.

Tahu Pong

wisatahandal-Berburu Kuliner Oleh-oleh Khas Semarang-1

Pong berasal dari kata kopong karena tahu ini memiliki rongga yang biasa disebut kopong. Tahu pong disajikan dengan keripik udang yang digoreng dengan kuah petis dan bawang putih yang disajikan secara terpisah. Acar mentimun disajikan sebagai pelengkap Tahu Pong ini. Tahu Pong yang terkenal kelezatannya dapat Anda nikmati di jalan Gajahmada No. 63 B, Semarang.

Wingko Babat

wisatahandal-Berburu Kuliner Oleh-oleh Khas Semarang-2

Wingko Babat terbuat dari beras ketan dan kelapa serta berbentuk bulat ini sudah menjadi camilan andalan kota Semarang. Wingko babat ini di kota Semarang bisa jumpai di Jalan Cenderawasih No.14 yaitu wingko babat cap Kereta Api.

Lumpia

wisatahandal-Berburu Kuliner Oleh-oleh Khas Semarang-3

Lumpia merupakan makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan rebung ini disajikan dengan digoreng. Lumpia tersedia dengan dua macam varian isi yaitu isi daging ayam atau sapi yang dicampur dengan rebung. Apabila Anda ingin membawanya pulang kembali ke kota Anda lumpia bisa dipesan tanpa digoreng.

Dibaca 998 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *