Sekilas Tentang Gunung Everest

Tahukah Anda cerita tentang gunung paling tinggi di muka bumi yang bernama Everest? Bagi Anda yang gemar melakukan wisata alam pasti sangat mengenal gunung yang satu ini. Kali ini saya akan mencoba mengulas secara singkat tentang Gunung Everest. Gunung Everest memiliki ketinggian 29.029 (8.848 mdpl) yang tercatat tahun 1954. Namun pengukuran melalui satelit tahun 1995 menunjukkan Gunung Everest memiliki tinggi lebih 2 meter dari ukuran sebelumnya. Tahun 2005 Everest ketinggian ditetapkan 8855,43 meter tidak beserta salju dan bebatuan.

Seperti apa karakter Gunung Everest?

Sekilas Tentang Gunung Everest

Begitu tingginya gunung ini, kandungan oksigen yang terdapat di puncak Gunung Everest hanya sepertiga dari kebutuhan manusia yang disebabkan tekanan udara lebih rendah yang membuat jumlah oksigen menjadi lebih tipis. Ada tritik ketinggian yang disebut Death Zone saat berada pada ketinggian 8000 meter ke atas. Di titik inisalju membeku menjadi es yang sangat keras dan licin. Perjalanan dari area Death Zone ke puncak kira-kira membutuhkan waktu sekitar 12 jam.

Sejak tahun 1969, setidaknya ada satu orang korban meninggal setiap tahunnya, kecuali tahun 1977 semua pendaki selamat dan 1974 sama sekali tidak ada orang yang mendaki Gunung Everest. Diperkirakan masih ada 200 lebih mayat korban di gunung iniyang digunakan sebagai petunjuk jalan bagi para pendaki.

Sekilas Tentang Gunung Everest

Sumber: National Geographic

Gunung Everest memiliki dua rute pendakian yaitu dari Nepal dan Tibet dari selatan. Perjalanan ekspedisi ke Gunung Everest tidak main-main karena peralatan yang dibawa akan sangat banyak dan menghabiskan banyak biaya (sekitar $ 8.000). sedangkan untuk biaya pendaftaran pendakian mencapai $10.000 sampai $25.000 di Nepal tergantung berapa jumlah tim dan jalur yang dipilih. Jika ada perubahan rute maka akan dikenakan biaya lagi. Mencapai basecamp terdekat dikenakan biaya $2.000 dengan pesawat udara.

Sekilas Tentang Gunung Everest

Nama Gunung Everest diberikan oleh George Everest pada tahun 1956, ia seorang pensiunan penjelajah namun belum pernah mencapai puncak Gunung Everest. Itulah tadi sekilas tentang Gunung Everest, tertarik menikmati wisata alam dengan melakukan ekspedisi mendaki gunung ke Gunung Everest?

Dibaca 810 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *