Gunung Lawu “Gunung Seribu Misteri”

wisatahandal-Gunung Lawu “Gunung Seribu Misteri”-2

Gunung Lawu terkenal ceritanya yang melegenda yaitu pada masa kerajaan Majapahit saat Sang Prabu bertitah kepada Dipa Manggala untuk menjadi penguasa Gunung Lawu dan membawahi semua makhluk gaib di gunung ini. Tapi terlepas dari kisahnya pada jaman kerajaan Majapahit dahulu kala, kini Gunung Lawu menjadi salah satu daya tarik para pendaki untuk ditaklukkan.

wisatahandal-Gunung Lawu “Gunung Seribu Misteri”-3

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl yang memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi Hargo Dumilah. Disekitar lereng Gunung Lawu juga terdapat kawasan wisata seperti Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Beberapa candi peninggalan Majapahit juga terdapat di sisi barat gunung ini yakni Candi Sukuh dan Candi Cetho.

wisatahandal-Gunung Lawu “Gunung Seribu Misteri”-1

Para pendaki dapat memulai pendakian di Gunung Lawu melalui dua tempat yaitu Cemorokandang di Tawangmangu dan Cemorosewu di Sarangan. Terdapat dua sumber mata air di jalur Cemorosewu tepatnya di Sendang Drajat dan Sendang Panguripan. Pendakian Cemorokandang akan melewati 5 shelter dengan jalur yang tertata baik sedangkan Jalur Cemorosewu melewati 5 pos dengan jalan yang lebih curam hanya saja jalur Cemorosewu dapat ditempuh lebih cepat.

wisatahandal-Gunung Lawu “Gunung Seribu Misteri”-4

twicsy

Bagi pendaki pemula sebaiknya melakukan pendakian pada malam hari karena medannya yang cukup berat. Di puncak Hargo Dumilah terdapat satu tugu yang bertuliskan ketinggian puncak tersebut “Puncak Lawu, Hargo Dumilah 3.265 mdpl.”

Dibaca 1657 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *