Wisata Bandung Utara: Tangkuban Perahu Masih Sepi

Wisata Bandung Utara

Wisata Bandung Utara, yakni gunung Tangkuban Perahu masih sepi pengunjung akibat erupsi yang baru saja terjadi. Kawasan wisata Bandung Utara ini sempat ditutup selama beberapa hari sehingga tidak hanya menjadikan kawasan tersebut sepi, tetapi sekaligus juga menjadikan perekonomian warga sekitar tidak stabil bahkan lumpuh. Ya, sekitar 1.080 pedangan yang melakukan aktivitas ekonomi di sekitar gunung terpaksa menghentikan kegiatan mereka untuk sementara waktu akibat erupsi yang memakan waktu hingga dua pekan. Nah, bagaimana kondisinya kini setelah kawasan tersebut sudah dinyatakan aman untuk dikunjungi?

Kawasan Wisata Bandung Utara Masih Sepi Pengunjung

Ternyata, meski kondisi gunung sudah dinyatakan normal dan kawasan tersebut sudah diperbolehkan untuk dikunjungi, sangat sedikit wisatawan yang berani datang ke wilayah tersebut. Kemungkinan besar, para pengunjung masih menyimpan rasa khawatir akibat erupsi yang baru saja dialami. Hal ini memang sangat wajar, tetapi di samping itu pula, begitu banyak penduduk setempat yang menggantungkan kehidupan mereka dengan berjualan di area sekitar.

Status waspada yang dilayangkan pada 5 Oktober kemarin melarang pengunjung untuk berada di area sekitar Kawah Ratu hingga sepanjang 1,5 kilometer dari lokasi tersebut. Baru pada hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 27 Oktober, aktivitas gunung sudah dinyatakan normal oleh Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Petugas mengatakan bahwa lokasi yang menjadi sumber letusan dan gas beracun akibat gempa tremor dan mengeluarka abu vulkanik, tepatnya di Kawah Ratu sudah kembali normal. Petugas yang berada di pos kini juga rutin melakukan pemantauan terhadap kawasan wisata Bandung Utara ini. Pengunjung yang hendak datang dianjurkan untuk menyiapkan masker untuk digunakan di sekitar area. Anjuran ini adalah bentuk antisipasi terhadap gas beracun berefek kematian yang kemungkinan besar bisa timbul kapan saja. Gas ini bersifat kasat mata sehingga sangat berbahaya jika tidak menggunakan masker.

Tentu, kita sangat berharap agar kondisi gunung Tangkuban Perahu yang menjadi salah satu kawasan wisata dapat segera menunjukkan perkembangan kondisi yang semakin positif. Perkembangan positif tersebut sangat berarti bagi kondisi perekonomian penduduk sekitar.

Dibaca 594 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *