Tugu Khatulistiwa Ikon Pontianak

equatorbridgefest

equatorbridgefest

Tugu Khatulistiwa merupakan ikon Kota Pontianak yang juga disebut sebagai Equator Monument karena letaknya tepat di titik 0 derajat garis khatulistiwa yang membelah bumi. Tugu Khatulistiwa mulai dibangun pada tahun 1928 ini awalnya hanya berbentuk tonggak dengan anak panah, lalu terus  disempurnakan pada tahun 1930 hingga pada 21 september 1991 bentuknya telah sempurna sepenuhnya dan diresmikan.

Tugu Khatulistiwa berbentuk 4 buah tonggak kayu Belian atau kayu besi yang memiliki diameter 0,30 m, tonggak depan berdiri dengan tinggi 3.05 m dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4.40 m. Di tengah lingkaran bertuliskan EVENAAR dan tulisan plat dibawah anak panah tertera tulisan 109o 20’ OlvGR sebagai penunjuk titik berdirinya Tugu Khatulistiwa pada garis bujur timur. Pada bagian dalam Tugu Khatulistiwa juga terdapat museum

Tugu Khatulistiwa dapat dicapai dengan jarak 3 kilometer dari pusat Kota Pontianak dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tanggal terbaik mengunjungi Tugu Khatulistiwa ialah saat periode Kulminasi yang terjadi setiap tanggal 21 sampai 23 maret dan 21 sampai 23 september, pada periode ini seluruh bayangan disekitar tugu akan “menghilang” beberapa detik saat matahari berada tepat diatas kepala.

Dibaca 587 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *