Nuansa Unik Masjid Perut Bumi

wisatahandal-Nuansa Unik Masjid Perut Bumi-1

Saat Anda berkunjung ke Tuban, Jawa Timur jangan lupa untuk mampir ke Masjid Perut Bumi yang berada di Pondok Pesantren Perut Bumi. Masjid ini sangat luar biasa, karena berada di dalam bumi alias di bawah tanah. Masjid Perut Bumi ini didirikan oleh Kyai Subchan Mubarok. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2002 di lingkungan pesantren. Nama lengkapmasjid ini Ashabul Kahfi Perut Bumi Al-Magribi.

Nuansa ornamen arab di atap bebatuan berpadu dengan ornamen aksara Jawa kuno akan terlihat saat memasuki Masjid ini. Dulu sebelum menjadi masjid, kawasan tersebut merupakan tempat pembuangan sampah yang diubah oleh Kyai Subchan. Bapak Kyai Subchan dalam pencarian tempat untuk mendirikan pondok pesantren harus menjalani Sholat Istikhoroh selama 15 tahun.

wisatahandal-Nuansa Unik Masjid Perut Bumi-4

Menariknya, dalam proses pembangunan pondok pesantren ini Pak Kyai Subchan harus membersihkan tempat ini. Ada banyak binatang seperti ular saat dibersihkan tetapi tidak boleh dibunuh dan dibiarkan pergi dengan sendirinya. Setelah semua sampah dan binatang liar bersih barulah Pondok Pesantren dan Masjid Perut Bumi mulai dibangun. Pembangunan terus dilakukan hingga kini dan pondok pesantren ini sudah memiliki luas sekitar 3 hektar.

wisatahandal-Nuansa Unik Masjid Perut Bumi-3

Pada bulan Ramadhan para peziarah berdatangan, terutama saat pertengahan dan menjelang akhir bulan Ramadhan untuk beritikaf. Tak jarang peziarah dari luar negeri datang ke Masjid Perut Bumi, diantaranya dari Malaysia, Singapura, Perancis, Mesir, hingga Arab Saudi.

Dibaca 1826 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *