Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Hubungan Indonesia dengan Belanda memang sudah terbina sejak Belanda menjajah Indonesia hingga banyak orang Indonesia yang harus dipindahkan ke Belanda kala itu. Cerita panjang sejarah inilah seolah pemerintah Belanda memiliki kenangan manis dengan Indonesia. Begitu pun lima pahlawan Indonesia yang memiliki andil dalam perjuangan bangsa Indonesia sekaligus memiliki kontribusi yang besar juga terhadap negeri Belanda. Akhirnya lima pahlawan Indonesia ini namanya diabadikan menjadi nama jalan di negara Belanda yang bisa Anda temui saat menikmati aneka wisata di negeri kincir angin ini. Siapa saja nama pahlawan tersebut?

Muhammad Hatta

Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Kita bisa menemui ruas jalan di Belanda dengan nama Mohammed Hattastrat yang dibangun sejak 1987 dan pemberian namanya ditetapkan oleh pejabat Walikota R.H Claudius. Mohammed Hattastrat ini terletak di kawasan perumahan Zuiderpolder. Alasan nama jalan ini diberi nama tersebut karena Bung Hatta merupakan tokoh pergerakan serta aktivis  kemerdekaan Indonesia yang pernah bersekolah di Belanda.

R.A Kartini

Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Pahlawan emansipasi wanita, R.A Kartini sangat terkenal dengan perjuangannya terhadap hak-hak perempuan baik di Indonesia maupun Belanda. Masyarakat di Belanda umumnya mengenal Kartini sebagai wanita pejuang hak perempuan yang berasal dari Jawa. Nama R.A Kartinistraat bisa kita lihat di Kota Utrech, Venlo, Amsterdam, dan Harlem.

Sutan Sjahrir

Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Politikus dan perdana menteri pertama Indonesia, Sutan Sjahrir dulu pernah menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School of Indology. Pergaulan Sutan Sjahrir yang luas dikalangan cendekiawan dan aktivis politik membuat namanya diabadikan sebagai nama jalan di Kota Leiden dengan Sjahrirstraat.

Irawan Soejono

Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Nama pahlawan yang satu ini mungkin agak asing di telinga kita namun Irawan Soejono merupakan seorang mahasiswa Indonesia yang diakui sebagai pahlawan negara Belanda karena perjuangannya melawan Jerman Nazi dibawah diktator Adolf Hitler. Untuk mengenang jasa-jasanya, namanya diabadikan sebagai nama salah satu ruas jalan di Kota Amsterdam (Irawan Soejonostraat). Pada masa Perang Dunia II, Irwan Soejono adalah anggota Perhimpunan Indonesia di Belanda. Ayahnya adalah Adipati Ario Soejono, orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Belanda. Irawan Soejono gugur ditembak di Leiden pada bulan Januari 1945 sebagai pejuang perlawanan bawah tanah Belanda melawan Jerman. Di kalangan pejuang-pejuang perlawanan Belanda, Irawan dikenal dengan nama Henk van de Bevrijding.

Munir

Nama 5 Tokoh Indonesia Ini Bisa Kita Temui di Belanda

Aktivis HAM Indonesia, Munir Said Thalib yang selalu membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar ternyata lebih dikenang negara Belanda daripada di Indonesia.

Simak juga cerita travelling di Belanda: Tempat Wisata Keren Amsterdam

Dibaca 703 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *