Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia

wisatahandal-Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia-head

Prapanca Research melakukan analisa terhadap 4.113.072 tweet mengenai tempat liburan di media sosial Twitter dalam kurun waktu dua tahun yaitu 4 Juli 2011 sampai 4 Juli 2013 menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu tempat liburan paling terkenal di dunia. Direktur Eksekutif Prapanca Research, Geger Riyanto di Depok mengatakan Lombok jauh lebih terkenal daripada Hawaii dan Tahiti sebagai dua tempat liburan pulau tropis ternama dunia, (Antaranews, 7/5).

Secara matematis, Lombok menuai 2.549.505 mention di Twitter melampaui Hawaii dengan 433.812 mention dan Tahiti 232.687 mention. Alasan tim peneliti memilih Hawaii dan Tahiti sebagai pesaing Lombok karena memang keduanya pulau yang sangat populer hingga sering disebut dalam film Hollywood maupun majalah asing. Hal ini berbanding terbalik dengan Lombok yang tak pernah terekspos film Hollywood justru sangat populer.

wisatahandal-Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia-2

Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, NTT juga populer dibandingkan gunung lainnya yang terkenal di dunia dengan mention sebanyak 72.123 mention di Twitter dibanding Blue Mountains dan Rocky Mountains. Gunung ini menjadi salah satu spot fotografi ciamik lho.

wisatahandal-Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia-1

wisatahandal-Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia-4

Di luar dugaan danau terkenal di dunia terpopuler adalah Danau Toba dengan 54.390 mention mengungguli Lake Titicaca, Peru (danau ini pernah diliput USA Today dan National Geographic) dan Lake Powell, Arizona yang populer  dalam liputan sejumlah rubrik travel internasional.

wisatahandal-Indonesia Menjadi Tempat Liburan Paling Populer di Dunia-3

Borobudur berada di peringkat selanjutnya dengan 1.137.739 mention, jauh melampaui Grand Palace (63.933 mention) dan  Angkor Wat (104.914 mention). Tapi sangat disayangkan, walau Indonesia menjadi tempat wisata populer di dunia namun promosi pariwisata Indonesia masih kurang maksimal dibanding negara tetangga. Misalnya tingkat akses situs resmi pariwisata Indonesia (www.indonesia.travel) hanya menduduki peringkat 70.112 di Alexa dengan 1.999 situs yang tehubung dengan web ini.

Sedangkan, situs pariwisata Malaysia (www.tourism.gov.my) mendapat 45.578 dengan 2.566 situs yang terhubung dan Thailand (www.tourismthailand.org) berada di peringkat 27.309 dengan 4.900 situs yang terhubung. Hal ini sangat menjelaskan bahwa instansi berwenang milik Indonesia masih kurang efektif dibanding Thailand dan Malaysia. Kita harap semoga promosi pariwisata Indonesia melalui situs dunia maya ini akan lebih baik nantinya.

Dibaca 1872 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *