Gereja Blenduk Simbol Kota Tua Semarang

wisatahandal-Gereja-Blenduk-simbol-Kota-Tua-Semarang-1

Kawasan kota lama selalu mempunyai daya tarik sendiri dengan bangunan-bangunan tua yang tentunya memiliki nilai sejarah bangsa Indonesia. Salah satu bangunan bersejarah yang terdapat di Semarang adalah Gereja Blenduk. Gereja yang terletak di dekat pasar Johar bisa Anda kunjungi dari hotel murah Semarang tempat Anda menginap. Gereja blenduk merupakan gereja tertua di jawa tengah. gereja ini berdiri sejak masa pemerintahan kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1753.

Disebut Blenduk oleh masyarakat Semarang karena bentuk atap gereja yang berbentuk setengah lingkaran dan menonjol. Gereja ini menempati area seluas 100 meter persegi, memiliki dua lantai di dalamnya. Lampu gantung menghiasi bagian dalam gereja ini jika Anda masuk kedalam melewati Pintu masuk gereja yang berbentuk lengkung di atasnya. Interior yang cantik juga menjadi aksen yang menarik bangunan bagian dalam gereja ini. Tipe jendela gereja ini pun terdapat dua jenis yaitu jendela yang bedaun krepyak dan satu lagi berbingkai.

wisatahandal-Gereja-Blenduk-simbol-Kota-Tua-Semarang

Setelah mengalami beberapa kali perubahan Kini gereja ini bernama GPIB Emmanuel yang sampai saat ini pun masih aktif sebagai tempat aktivitas berbagai kegiatan keagaamaan. Disamping gereja ini terdapat taman Srigunting dengan pepohonan yang sejuk dan rindang, dan sejumlah jajanan juga dapat Anda nikmati di taman ini.

Gereja blenduk ini dapat Anda kunjungi di Jalan Letjen Suprapto No. 32. Gereja blenduk letaknya berdekatan dengan kantor Niaga, gedung Marba, dan juga Stasiun Kereta Api Tawang. Semarang merupakan kota yang mempunyai banyak bangunan tua unik yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke kota ini. Kota tua ini termasuk kedalam 4 Simbol Kota Semarang.

Sekilas video tentang Gereja Blenduk, Semarang

Dibaca 1213 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *