Danau Natron, Danau Mematikan di Tanzania

Anda ingin berniat mengunjungi wisata alam yang unik sekaligus menakutkan? Ada sebuah kejadian langka di Danau Natron, Tanzania Utara, Afrika Timur. Disini terlihat beberapa makhluk hidup mati dan berubah menjadi layaknya batu. Fenomena tersebut terjadi karena Danau Natron merpakan danau garam yang airnya memiliki pH sampai 10,5 hingga bisa membakar kulit dan mata hewan yang tidak bisa beradaptasi di tempat ini. apalagi suhu airnya bisa mencapai 60 derajat Celcius.

Danau Natron terletak di sebelah utara Tanzania Utara dekat perbatasan Kenya. Nama Natron sendiri diambil dari mineral natrium karbonat dekahidrat yang biasa digunakan orang-orang Mesir kuno untuk mengeringkan organ manusia dalam proses mumi.  Suhu danau yang bisa naik menjadi 60 derajat sewaktu-waktu, serta alkalinitas yang tinggi akibat akumulasi abu vulkanik dari lembah Great Rift. Seakan-akan membuat hewan-hewan ini dicelupkan dalam adonan semen panas dan membatu.

Danau Natron Danau Mematikan di Tanzania

Momen menakutkan ini berhasil diabadikan oleh seorang fotografer bernama Nick Brandt yang berpetualang kesana dan terkejut melihat banyak patung hewan di bibir danau. Ternyata yang ia kira patung adalah bangkai hewan yang telah mati dan membatu. Uniknya, posisi hewan-hewan tersebut seolah masih hidup misalnya di ranting atau di atas air. Danau Natron cukup menjadi tempat wisata yang mengerikan ya?

Danau Natron Danau Mematikan di Tanzania

Danau Natron Danau Mematikan di Tanzania

Sebagian hasil karya Brant ini dipamerkan di Hasted Kraeutler Gallery di New York dan akan dipublikasikan dalam buku fotografi berjudul “Across The Ravaged Land”. Terarik menikmati wisata alam mengerikan di Danau Natron di Tanzania ini?

Dibaca 860 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *