Ada Monumen Unik Bajra Sandhi di Bali

Bali ternyata memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Jika selama ini Anda hanya berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Bali, mulailah mengajak putera-puteri Anda menikmati wisata sejarah di Bali. Salah satunya wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi adalah Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi. Monumen ini tepat berada di Jalan Raya Puputan dekat lapangan Puputan Badung.

Sisi menarik Monumen Perjuang Rakyat Bali, Bajra Sandhi

Ada Monumen Unik Bajra Sandhi di Bali

Bagi masyarakat Bali, monumen Bajra Sandhi ini memiliki makna yang dalam tentang perjuangan masyarakat Bali sejak dahulu sampai kemerdekaan RI.  Banyak informasi menarik yang bisa kita lihat disini termuat dalam bentuk 33 diorama. Monumen Bajra Sandhi mulai dibangun tahun 1987 dan akhirnya diresmikan pada Juni 2003 oleh Presiden Megawati.

Bentuk monumen ini sangat unik berwujud menyerupai genta yang memiliki makna dari Bajra sedangkan Sandhi berati suci. Monumen ini berdiri megah yang terdiri dari tiga bagian bangunan yaitu Utamaning Mandala sebagai tempat untuk memperoleh ketenangan. Lalu Madyaning  yang terletak di lantai 2 dengan 33 dioramanya. Dan Nistaning Utama Mandala yang berada di bagian dasar untuk keperluan administrasi, informasi ruang pameran, kepustakaan, dll.

Budaya Bali memang sangat kental dengan mitologinya, termasuk dengan Monumen Perjuangan Bajra Sandhi ini yang memiliki mitologi peristiwa antara Dewa Brahma dan Dewa Wisnu saling mengagungkan kesaktian masing-masing tentang siapa yang menciptakan dunia. Muncullah sebuah Lingga yang tidak memiliki ujung. Kedua dewa tersebut memutuskan untuk menelusuri untuk mencari ujung Lingga tersebut.

Kedua dewa tersebut tidak berhasil menemukan baik pangkal maupun ujung Lingga tersebut. Namun sebenarnya Lingga tersebut adalah Dewa Siwa. Dewa Siwa mengatakan kepada Dewa Wisnu dan Dewa Brahma untuk tidak berdebat karena sesungguhnya Dewa Wisnu diciptakan dari pinggang kiri dan Dewa Brahma diciptakan dari pinggang kanan Dewa Siwa.

Anda bisa mengunjungi Monumen Bajra Sandhi setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 16.30. Tertarik mengunjungi Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi saat menikmati aneka wisata di Bali?

Sumber: yukpegi.com

Dibaca 1065 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *